'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
RAPAT KERJA DAERAH (RAKERDA) PDA TEMANGGUNG
04 November 2016 21:35 WIB | dibaca 810
Tanggal 9 Oktober 2016 bertepatan dengan 8 Muharram 1438 H, Pimpinan daerah Aisyiyah (PDA) Temanggung menyelenggarakan acara Rapat Kerja. Acara yang dihadiri para pimpinan cabang dan seluruh majelis/lembaga di Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Temanggung ini dimulai  jam 07.30 WIB dengan acara tukar mandat dan diakhiri pada jam 15.00 WIB pasca sidang pleno. 

 

Acara Pembukaan oleh PDM
Acara yang diadakan di aula SMK Muhammadiyah Temanggung ini diawali dengan sambutan oleh ketua panitia yang sekaligus  Ketua PDA Temanggung periode muktamar 2015-2020 dan dibuka oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang dalam kesempatan kali ini dihadiri oleh Bp. H. Rochmadi, S. H. Acara dilanjutkan dengan tausiyah disampaikan oleh H. Jumari, MPd. selaku  majelis Kader PWM. Dalam nasihatnya, beliau menyampaikan beberapa arahan yang dapat diterapkan oleh segenap pimpinan daerah maupun para pimpinan cabang mengenai bagaimana menumbuhkan kader di kalangan Aisyiyah. Beberapa nasihat menggelitik yang disampaikan dengan tanpa menggurui   membuat beberapa kali ibu-ibu Aisyiyah tersenyum. Seolah-olah dipaparkan pada realita sesungguhnya tantangan membagi waktu antara organisasi dan keutamaan ibu sebagai pembangun utama dalam keluarga.

Para peserta yang berasal dari seluruh cabang yang ada di Kabupaten Temanggung terlihat bersemangat dan antusias mengikuti rangkaian acara sejak awal. Segenap pengurus mengikuti acara dengan perhatian khusus dan tekad yang kuat untuk melaksanakan amanah organisasi. Beberapa cabang  yang baru saja terbentuk pun berusaha memenuhi kewajiban organisasi meskipun secara formasi belum selengkap cabang  lain yang sudah lebih dulu berkembang.

Para Pimpinan dan Ketua Majelis
Pimpinan Sidang Konsolidasi Organisasi

Acara pokok pertama yang dilaksanakan adalah Konsolidasi Organisasi. Acara ini dipimpin oleh Ketua PDA Temanggung (Hj. Erlin Hasanah, B. A) dan Wakil Ketua (Dra. Eni Zuhriyah, MSi) serta dua sekretaris yaitu Triana Widiastuti, SE, SPd. dan Iyar Rosliyah, S. Pd. Acara Konsolidasi Organisasi diselingi pembagian kuesioner pendataan oleh LPPA (lembaga Penelitian dan Pengembangan Aisyiyah) untuk memenuhi  salah satu program LPPA yaitu pendataan data base organisasi. Kuesioner yang dibagikan dalam kesempatan tersebut adalah form isian data pimpinan daerah, pengurus harian cabang, amal usaha yang ada di cabang  dan asesmen pemikiran berkemajuan. Keseluruhan kuesioner yang dibagikan adalah merupakan oleh-oleh rapat kerja wilayah LPPA Jateng di Karang Anyar. 
 
 
Suasana dalam Rapat Program Kerja Majelis

Setelah  sesi konsolidasi organisasi, peserta dibagi dalam rapat koordinasi majelis-majelis. Beberapa majelis yang ada hingga tingkat cabang  berkoordinasi mandiri sementara lembaga atau majelis lain yang belum ada di tingkat cabang bergabung dengan majelis lain. Majelis Tabligh, Majelis Kader, Majelis Ekonomi, Majelis Kesehatan dan Majelis Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LHPB),  Majelis Pendidikan dan Lembaga Budaya, dan Majelis Kesejahteraan Sosial, Majelis Hukum dan HAM. 
Setelah selesai seluruh peserta kembali berkumpul di aula untuk pleno. Rapat pleno diisi dengan penyampaian paparan dari masing-masing majelis dan lembaga yang akan dilaksanakan oleh Aisyiyah di tingkat daerah maupun di cabang-cabang. Dalam kesempatan tersebut LPPA sekaligus menyampaikan paparan dari penelitian pertama yang dilakukan setelah melakukan analisa pada kuesioner yang telah dibagikan sebelum sidang majelis dimulai. Hasil analisa menyebutkan bahwa berdasarkan isian kuesioner tersebut,  ibu Aisyiyah di kabupaten Temanggung memiliki sikap yang moderate dalam menanggapi  kasus yang dipaparkan dalam kuesioner. 

 
Analisa tersebut dapat digunakan oleh pimpinan untuk memberikan arahan yang tepat dalam pengembangan kepribadian anggota Aisyiyah sekaligus untuk membangun etos kerja organisasi dengan tetap mengutamakan tugas utama sebagai seorang ibu. Peran ini dapat diwujudkan dalam implementasi program Keluarga Sakinah dan Qoryah Toyyibah. 
 
Sebagian PDA Temanggung pasca acara
Keseluruhan acara ditutup tepat pukul 15.00 WIB setelah semua majelis dan lembaga memaparkan program. Keseluruhan program akan dilaksanakan untuk setahun yang akan datang maupun tahun-tahun berikutnya. Semoga Allah SWT memudahkan semua urusan dan menjadikan semua langkah yang dilakukan adalah bagian dari amal sholih yang diridhoi oleh Allah SWT. Aamiin. 
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari