'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Profil
Posyandu Lansia sebagai salah satu Kegiatan Unggulan (Sinergisitas antar Majelis dan Amal Usaha)
06 Maret 2017 13:57 WIB | dibaca 755

Kamis, 23 Pebruari 2017. Untuk kesekian kalinya, Majelis Kesehatan PDA Temanggung memandu kegiatan posyandu lansia. Bertempat di masjid At Taqwa desa Kalibanger, acara  ini dihadiri oleh 32 orang. Meski jumlah  yang hadir tidak sebanyak biasanya karena sedang ada yang punya hajat (jumlah anggota hampir 60 orang), namun peserta yang hadir tetap antusias mengikuti kegiatan. 

Acara diawali dengan pengukuran tekanan darah, menimbang berat badan, pengobatan gratis, senam lansia  dan kajian. Pelaksana kegiatan posyandu lansia  dalam kesempatan ini adalah ibu Muslichah (melakukan penimbangan dan pengukuran tekanan darah), Ibu Sudjirah, AMK.  (pemberian obat), ibu Nur Rofi'ah (pencatatan dan dokumentasi), Ibu Hj. Siti Fatimah (pengisi kajian, ketua Majelis Kesejahteraan Sosial dan anggota corps mubalighot majelis tabligh PDA Temanggung).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan   sinergisitas antar majelis maupun antar lembaga/amal usaha. Di antaranya dengan amal usaha yaitu RS PKU Muhammadiyah Temanggung dan dengan Majelis Kesejahteraan Sosial.  Bahkan, untuk acara senam lansia, acara ini menghadirkan salah satu anggota Muhammadiyah Temanggung ranting Manding yang juga merupakan guru olah raga yaitu Bp. Suradji. Kehadiran instruktur pria dalam kegiatan ini sekaligus menepis anggapan bahwa kegiatan posyandu lansia  hanya untuk ibu-ibu saja (meskipun diselenggarakan oleh Aisyiyah). 

Selain desa Kalibanger, kegiatan posyandu lansia yang dibina oleh Majelis Kesehatan  PDA Temanggung saat ini ada  5 lokasi, yaitu : 

1. Posyandu Lansia  Diwek, Desa Kethitang, Kecamatan Jumo. 

2. Posyandu Lansia Kedu, Kecamatan Kedu tiap Selasa Legi di kediaman ibu Nanik Djasman. 

3. Posyandu Lansia di PRA  Manding,  tiap Jum'at sore pekan ke-4,  di masjid Annur.

4. Posyandu Lansia PRA Sidorejo, tiap Sabtu Wage di Mushola Al Furqon. 

 

Setidaknya ada 3 alasan mengapa kegiatan posyandu ini dilaksanakan : 

1. Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan majelis kesehatan. 

2. Agar lansia mendapat penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. 

3. Agar lansia mendapatkan santapan ruhani untuk persiapan khusnul khotimah 

Prinsip kegiatan posyandu lansia ini adalah sederhana dan mampu laksana. Semoga meski sederhana, asal istiqomah dilaksanakan, akan mendapatkan hasil optimal dunia akhirat. Tidak hanya untuk pesertanya namun juga untuk pemandu  dari Pimpinan Daerah Asiyiyah (PDA Temanggung) dan para kader  (dari cabang dan amal usaha) yang mendampinginya. Aamiin.

Allahu a'lam. 

 

Shared Post:
Berita Terbaru