'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Profil
LPPA Temanggung memulai dengan Langkah Sederhana
04 Maret 2017 09:25 WIB | dibaca 528

LPPA Temanggung dibentuk pertama kali bersamaan dengan disahkannya  kepengurusan PDA Temanggung periode muktamar 2015-2020. Terdiri dari 3 personel pengurus Aisyiyah yang awalnya membagi diri menjadi Ketua, Sekretaris dan Anggota. Berdasarkan arahan dari LPPA Wilayah Jateng, LPPA Temanggung kemudian merangkap  tugas harian organisasi dengan tugas divisi. Divisi yang dimaksud adalah : 

1. Divisi Pendataan dan Pengembangan Organisasi

2. Divisi Kajian dan Penelitian 

3. Divisi Pengutan Politik Perempuan

Program LPPA Temanggung dibuat berdasarkan acuan program LPPA Wilayah Jateng, namun disederhanakan sesuai kemampuan dan sumber daya yang tersedia. Salah satu program yang telah direalisasi pada tahun 2016 adalah penelitian mengenai pola pikir berkemajuan. 

Penelitian dilakukan dengan  tujuan untuk memperoleh data mengenai pola pikir perempuan berkemajuan pada pengurus Aisyiyah di Kabupaten Temanggung. Alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner Asesmen Pemikiran Berkemajuan yang telah divalidasi oleh pimpinan pusat Aisyiyah dan program komputer exel yang digunakan untuk koding dan analisa data. 

Pengambilan data dilakukan oleh anggota LPPA dengan cara menyebarkan kuesioner pada pengurus Aisyiyah  tingkat Daerah maupun Cabang. Untuk alasan kepraktisan, kuesioner disebarkan pada saat rapat kerja yang mempertemukan seluruh komponen ini dalam satu kegiatan yang sama. Kuesioner yang telah terisi ditarik kembali dan kemudian dimasukkan dalam kertas kerja exel untuk memudahkan koding

Hasil analisa menunjukkan bahwa sebagian besar pengurus Aisyiyah di Kabupaten Temanggung memiliki pola pikir yang moderate.  Hasil analisa kemudian dipublikasikan pada rapat pleno Aisyiyah dengan tujuan agar hasil peneltian ini dapat dimanfaatkan oleh pimpinan dalam pengambilan keputusan dan dalam menggerakkan organisasi. Hasil penelitian ini dapat pula dimanfaatkan oleh bidang kaderisasi maupun bidang tabligh serta bidang-bidang yang lain, di mana pengurus yang berpola pikir moderate tentunya perlu disikapi berbeda dengan pengurus yang berpola pikir konservatif atau progresif. 

Semoga langkah sederhana LPPA ini dapat bermanfaat  untuk internal Aisyiyah dalam kehidupan berjama'ah  maupun untuk berkontribusi secara optimal terhadap peran-peran Aisyiyah menjadi tiang utama negara. 

Allahu a'lam. 

Shared Post:
Berita Terbaru